Cara Membuat Website Forum Diskusi Online di WordPress

Selamat datang dan berjumpa kembali bersama Edukasi Website, tempatnya kita belajar bareng kaitan situs online, SEO, dan pengembangannya.

Yang akan kita bahas masih berhubungan dengan WordPress sebagai platform terbaik, terpopuler dan tercanggih, karena bisa dijadikan sebagai website toko online, sekolah, perusahaan, travel, personal, maupun forum.

Kali ini kita fokus dengan edukasi yang berkaitan dengan situs diskusi online. Tidak ingin berpanjang kata, langsung saja kita terapkan langkah demi langkanya.

Berikut ini cara membuat forum diskusi online menggunakan Platform WordPress

1. Menyiapkan Domain dan Hosting Website.

Langkah pertama, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar lima ratus ribu untuk menyiapkan paket hosting supaya bisa mengaktifkan WordPress. Jika Anda belum punya, silahkan simak edukasi berikut

Membeli Hosting WordPress dan Langsung Aktif.

2. Masuk ke Dasbor WordPress.

Kalau website sudah aktif, langkah selanjutnya masuk ke Admin WordPress dengan menambahkan wp-admin di akhir domain.

Contoh

edukasi.website/wp-admin

Atau langsung masuk melalui Akun Member Niagahoster.

3. Install Plugin BbPress Forum.

Langkah selanjutnya memasang dan mengaktifkan plugin BbPress.

Cara pemasangan plugin cukup pilih menu Plugin > Add New > kemudian mengetikkan kata kunci BbPress di kolom pencarian yang sudah disediakan.

Perhatikan gambar

4. Menambahkan Forum Baru.

Jika plugin BbPress sudah diaktifkan, langkah selanjutnya pilih menu Forums > Add New.

5. Membuat nama dan Deskripsi Forum.

Langkah berikutnya menambahkan nama dan deskripsi atau penjelasan singkatnya.

Pada bagian Forum Attributes patut dipahami dan diperhatikan

  • Tipe, silahkan pilih Forum.
  • Status, pilih open supaya forum langsung aktif.
  • Visibility, pilih public supaya diskusi di dalam forum dapat dilihat semua orang. Tapi, yang bisa berkomentar hanya anggota forum.
  • Parent, pilih no parent, terkecuali Anda ingin menambahkan laman induk.

Setelah itu langsung klik Publish.

6. Menambahkan Topik Pembahasan Baru.

Langkah keenam mulai membuat topik pembahasan.

Caranya pilih menu Topics > Add New.

Perhatikan gambar

Tampilan selanjutnya seperti gambar di bawah.

Buatlah judul pembahasan, dan jelaskan permasalahannya.

Yang penting, topik pembahasan di masukkan ke dalam forum yang sudah Anda buat.

Perhatikan tanda panah pada gambar berikut

Jika sudah, silahkan klik Publish.

Catatan.

Topik pembahasan tidak harus berupa pertanyaan.

Lebih bagus lagi kalau Anda membagikan tips atau pengetahuan ke dalam forum supaya anggota lain bisa menyampaikan pendapatnya masing-masing.

7. Mengaktifkan Pendaftaran Anggota.

Langkah ketujuh mempersilahkan seseorang untuk mendaftar atau membuat akun WordPress.

Caranya silahkan pilih Pengaturan > Umum kemudian pada bagian Keanggotaan Perlu diaktifkan.

Pada bagian Peran Pelanggan Baru pilih saja Pelanggan.

Simak gambar berikut

8. Pengaturan Diskusi Anggota.

Sekarang melanjutkan ke langkah pengaturan diskusi.

Penjelasan singkat, dan perhatikan gambarnya juga supaya lebih mudah dipahami.

Pengaturan artikel dasar:

  • Kirim Notifikasi ke Setiap Blog yang terhubung dari artikel. Fitur ini berfungsi untuk mengirim notifikasi kepada pemilik blog yang salah satu link kontennya dicantumkan dalam artikel atau forumnya Anda. Saran saya diaktifkan saja supaya forum yang Anda kelola mendapat respon baik dari orang lain yang kontennya dijadikan Anda sebagai referensi.
  • Izinkan Notifikasi tautan dari blog lain (ping balik) pada artikel-artikel baru. Kalau fitur ini sebaliknya dari fitur diatas. Artinya, Anda akan menerima notifikasi ketika ada orang lain yang mencantumkan sala satu link konten miliknya Anda di dalam blognya mereka. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika diaktifkan.
  • Izinkan Orang mengirim komentar pada artikel-artikel baru. Kalau yang ini memang harus diaktifkan supaya artikel yang Anda terbitkan bisa dikomentari orang lain.

Pengaturan Komentar Lainnya:

  • Penulis komentar harus menuliskan nama dan email. Berhubung tujuan websitenya Anda untuk forum, maka fitur ini tidak perlu diaktifkan.
  • Pengguna harus terdaftar dan masuk log untuk berkomentar. Bagian ini monggo diaktifkan supaya konten yang ada di dalam forum hanya bisa dikomentari oleh anggota.
  • Secara otomatis menutup komentar pada artikel setelah… hari penerbitan. Jangan diaktifkan supaya sampai kapanpun konten yang sudah diterbitkan tetap bisa dikomentari.
  • Tampilkan kotak centang opt-in kuki komentar untuk mengaktifkan kuki penulis. Kalau bagian ini boleh dinonaktifkan, karena tidak begitu penting.
  • Aktifkan komentar berulir (disarangkan) sedalam… tingkat. Silahkan pilih 5 saja supaya komentar yang berhubungan tidak terlalu panjang.
  • Bagi komentar ke dalam laman-laman dengan…. Tidak perlu diaktifkan.
  • Komentar seharusnya ditampilkan dengan komentar….. di bagian atas setiap laman. Pada bagian ini tentukan sendiri. Kalau Anda ingin menampilkan komentar terbaru muncul di paling atas, maka pilihlah yang lebih baru. Begitu pula sebaliknya.

Kirimkan email pada saya setiap kali:

  • Seseorang mengirim komentar. Bagian ini perlu diaktifkan, supaya Anda menerima notifikasi melalui email ketika ada seseorang mengirimkan komentar. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat meresponnya.
  • Sebuah komentar ditahan untuk moderasi. Yang ini juga harus diaktifkan agar forum atau websitenya Anda terhindar dari tindakan komentar spam.

Sebelum sebuah komentar muncul:

  • Komentar harus disetujui secara manual. Boleh dinonaktifkan, karena di atas sudah mengaktifkan moderasi komentar.
  • Penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya. Saya sarankan diaktifkan saja karena untuk mempercepat respon terhadap seseorang yang pernah berkomentar.

Bagian bawahnya terdapat fitur bernama Moderasi Komentar. Bagian ini ada dua kolom yang disediakan untuk menyaring beberapa kata yang tidak Anda inginkan ketika disebutkan dalam komentar.

Misalnya, Anda melarang seseorang berkomentar menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.

Naaaah, beberapa kata kotor, kasar, atau tidak sopan itu bisa Anda masukkan ke dalam kolom tersebut.

Tapi, jika dikosongkan juga bukan masalah. Artinya, forum Anda tetap aman meskipun kedua kolomnya tidak diisi.

Bagian bawahnya terdapat fitur untuk mengatur Avatar.

Avatar adalah gambar yang muncul di sebelah profil ketika berkomentar di blognya orang lain, atau gambarnya orang lain yang berkomentar ke blog atau forumnya Anda.

Anda bisa mengubah dan menentukan gambar avatar sesuai pilihan yang sudah disediakan.

Setelah itu klik Simpan Perubahan.

9. Pengaturan Keanggotaan Forum.

Langkah selanjutnya mengatur batas waktu dan kemampuan penulisan bagi pengguna atau anggota.

Pastikan pada bagian Roles sudah diaktifkan supaya siapa saja yang mendaftar mempunyai peran masing-masing secara otomatis.

Flooding berfungsi untuk menghindari tindakan spam yang dilakukan anggota. Oleh sebab itu perlu diaktifkan.

Editing disarankan agar diaktifkan supaya anggota yang menerbitkan postingan bisa mengeditnya.

Anonim jangan diaktifkan supaya menghindari tindakan spam.

10. Pengaturan Fitur Forum.

Langkah ke sepuluh mengatur fitur-fitur forum dan diantaranya sebagai berikut

  • Tautan Terpasang Otomatis. Diaktifkan jika Anda ingin menampilkan konten secara otomatis ketika menempelkan linknya ke dalam forum.
  • Pertalian Balasan. Tidak perlu diaktifkan.
  • Revisi. Diaktifkan supaya anggota dapat mengedit postingannya.
  • Kesukaan. Diaktifkan supaya anggota bisa memilih dan menentukan pembahasan yang mereka sukai.
  • Berlangganan. Diaktifkan supaya anggota bisa berlangganan dalam forum dan mereka akan mendapat notifikasi ketika ada update postingan.
  • Engagements. Boleh diaktifkan, dan tidak masalah kalau dinonaktifkan karena tidak begitu penting.
  • Tag topik. Diaktifkan supaya anggota yang membuat topik pembahasan bisa menambahkan tag yang berhubungan dengan postingannya.
  • Cari. Diaktifkan supaya mempermudah seseorang mencari topik yang mereka butuhkan.
  • Pemformatan tulisan. Kalau diaktifkan, berarti anggota bisa membuat postingan dalam bentuk HTML, yang tentunya lebih leluasa bagi mereka mencantumkan link, atau media lainnya. Kalau Anda belum mengetahui lebih dalam kaitan HTML, lebih baik jangan diaktifkan.
  • Moderator Forum. Secara default, Anda sebagai admin secara otomatis sudah menjadi Moderator, bahkan super moderator yang bisa leluasa mengedit konten dalam forum. Tapi, kalau Anda mengizinkan salah satu anggota menjadi moderator, maka pilihan ini perlu diaktifkan.
  • Super Moderator. Tidak perlu diaktifkan. Cukup Anda saja yang menjadi Super Moderator.

11. Pengaturan Topik dan Balasan.

Langkah berikutnya mengatur tampilan konten. Anda bisa mengaturnya sendiri karena ini berhubungan dengan keinginan dan selera Anda.

Tapi kalau masih bingung, Anda boleh menyesuaikannya dengan gambar berikut

12. Pengaturan Slug Akar dan Single.

Langkah selanjutnya mengatur slug akar dan postingan tunggal.

Sebenarnya, tidak ada yang harus dirubah.

Hanya saja pada bagian Berikan Awalan Untuk semua konten dengan slug akar forum, saya sarankan agar diaktifkan karena untuk membedakan antara konten biasa dan konten yang diterbitkan dalam forum.

Gambarannya sebagai berikut

www.edukasi.website /forum/judul-konten

Itu contoh konten yang diterbitkan di dalam forum.

Sedangkan slug konten yang diterbitkan sebagai artikel biasa contohnya seperti ini

www.edukasi. website/judul-konten

Tidak ada kata Forum didalamnya.

13. Pengaturan Slug Pengguna Forum.

Langkah terakhir mengatur tampilan profil Anggota.

Seperti penjelasan-penjelasan lainnya, Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan.

Misalnya

  • Basis pengguna dirubah menjadi Anggota.
  • Topik yang dimulai dirubah menjadi Pembahasan yang diikuti.
  • Balasan-balasan telah dibuat dirubah menjadi Komentar.
  • Topik Favorit dirubah menjadi topik yang disukai.

Dan lainnya silahkan dirubah sesuai kehendak Anda.

Setelah itu klik Simpan Perubahan.

Alhamdulillah, sampai sini sudah berakhir, dan semoga bermanfaat.

Silahkan bertanya melalui kolom komentar, kalau ada Edukasi yang masih membingungkan.

Terimakasih.


Update….

WpForo Forum, Pengganti Plugin Bbpress.

Setelah diteliti lebih jauh, akhirnya saya menemukan plugin yang paling keren, dan cocok banget untuk komunitas atau forum.

Tersedia fitur yang lengkap, tampilan lebih modern, dan pengaturannya yang mudah diterapkan.

Plugin tersebut bernama WpForo.

Catatan..!

Plugin BpPress yang sudah terpasang harus dihapus terlebih dahulu jika Anda akan menerapkan edukasi ini.

1. Silahkan Install Plugin WpForo.

2. Dasbor WpForo.

Mengenal fitur Dasbor WpForo. Bagian ini Anda bisa memantau aktivitas forum, anggota, dan sebagainya.

Keren, pokoknya.

3. Menambahkan Kategori.

Selanjutnya membuat kategori pembahasan. Misalnya, Anda ingin membahas tentang dunia website.

Maka, pembuatan kategorinya bisa menggunakan nama

Diskusi Website.

Untuk membuat kategori, silahkan klik tombol Add New.

Setelah itu tampilannya seperti di bawah.

Silahkan buat nama kategori, dan deskripsinya.

Pada bagian Forum Slug atau Link dibuat yang singkat.

Pada bagian Forum icon silahkan dirubah dengan icon yang Anda inginkan.

Forum Seo Description diisi dengan keterangan singkat, dan keterangan yang Anda buat itu akan muncul di halaman google.

Pada bagian Parent Forum silahkan pilih No Parent.

Jika sudah, langsung klik Publish.

4. Menambahkan Forum.

Jika sudah membuat kategori, langkah berikutnya menambahkan forum kedalamannya.

Perhatikan gambar.

Silahkan klik icon plus pada bagian kategori yang sudah dibuat.

Tampilannya sama persis dengan langkah di atas.

Berhubung platform untuk membuat website cukuplah banyak, ada yang namanya Blogger, WordPress, Joomla, dan lain-lain, maka buatlah nama forumnya sesuai pembahasan.

Misal namanya WordPress karena forum ini untuk membahas tentang website WordPress.

Pada bagian deskripsi, slug, dan Forum Seo Description silahkan diisi yang sesuai.

Yang paling penting memperhatikan pada bagian Parent Forum, pastikan Anda sudah memilih kategori yang barusan dibuat.

Setelah itu klik Publish.

5. Menambahkan Topik pembahasan.

Untuk menambah topik sangatlah mudah. Langsung saja mengunjungi forum yang akan ditambahkan pembahasannya.

Setelah itu klik tombol Add Topic.

Silahkan buat judul dan materi pembahasannya.

Yang bikin saya suka, fitur-fitur untuk membuat topik sangatlah lengkap, dan modern.

Anda juga bisa menambahkan gambar, link, dan sebagainya.

Jika sudah, langsung saja tekan Add Topic.

Alhamdulillah, Anda sudah memahami fitur-fitur dasarnya.

6. Pengaturan General Forum.

Pada bagian ini Anda bisa mengubah nama, dan deskripsi website, Link atau URL yang menuju ke forum, dan Sitemap XML.

Sitemap XML itu yang akan dikirimkan ke Google Search Console supaya Forum yang Anda miliki bisa muncul di halaman Google lebih cepat.

Silahkan simak Daftar Google Search Console.

7. Pengaturan Tampilan.

Ada dua pilihan tampilan yang bisa diedit, yakni tampilan Expanded, dan Collapsed.

Silahkan diatur, dan sesuaikan dengan seleranya Anda.

Saya sendiri lebih suka tampilan yang Expanded.

Jika sudah, langsung klik Update Options.

8. Pengaturan Akses.

Fitur ini berfungsi untuk menambah akses

9. Pengaturan Topik dan Postingan.

Seperti yang saya katakan di atas, saya lebih suka tampilan Expanded. Jadi tampilan tersebut yang saya edit.

Number Of Recents Posts saya isi 4.

Recents Post Leng diisi 50.

Comment From Type lebih baik menggunakan Text Editor.

Display Answer editor saya aktifkan supaya anggota yang menjawab pembahasan bisa mengeditnya kembali.

Untuk pengaturan lainnya bisa sesuaikan sendiri.

Yang penting pada bagian First Post Reply Button perlu diaktifkan supaya anggota bisa menjawab dan berkontribusi dalam pembahasan.

10. Pengaturan Member.

Bagian ini Anda bisa mengubah link atau URL profil, masuk, pendaftaran, lupa password.

Kalau saya pribadi tidak ada yang dirubah karena menurut saya sudah cukup, dan bagus untuk SEO.

11. Pengaturan Email.

Bagian ini fitur untuk mengubah email, mengedit kalimat ketika anggota ingin menambah topik, laporan, dan lain sebagainya.

Namun yang saya bahas hanya bagian atas, karena lumayan penting untuk dibicarakan.

Bagian From Name adalah tampilan nama forumnya Anda ketika mengirim pemberitahuan ke emailnya anggota.

From Email Address boleh diganti dengan email lainnya, supaya email admin website lebih rahasia.

Untuk pengaturan yang lain bisa diatur sendiri. Tapi saran saya dibiarkan saja seperti semula kalau Anda belum memahaminya.

12. Pengaturan Fitur.

Bagian ini banyak sekali fitur yang siap diatur dan digunakan secara gratis.

Show Admin Bar For Member fitur untuk menyembunyikan dan memunculkan tampilan admin website. Saran saya jangan diaktifkan supaya member yang ingin mengedit profil hanya bisa melalui akun member dari plugin WpForo.

Show Forum Page Title lebih baik tidak diaktifkan supaya tampilan Forum lebih simpel dan sederhana.

Show Top Menu Bar diaktifkan saja supaya icon pencarian, dan menu forum ditampilkan pada halaman depan.

Show Top Search silahkan diaktifkan supaya member lebih mudah mencari topik yang mereka butuhkan.

Show Breadcrumbs diaktifkan saja supaya member lebih mudah mengunjungi halaman yang sesuai topik pembahasan, dan mengaktifkan Breadcrumbs juga bisa meningkatkan kualitas SEO.

Seperti biasa.. Untuk fitur yang lain bisa diatur sendiri, karena mudah dipahami.

13. Pengaturan warna dan Font.

Bagian ini fitur untuk mengubah warna forum, member, dan mengubah ukuran font.

Saran saya rubah ukuran font seperti gambar di bawah, karena ukuran tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Dengan kata lain, ukuran font antara 17 sampai 19 px sudah pas bagi pengunjung dan member.

14. Pengaturan Media Sosial.

Bagian ini fitur untuk menghubungkan Facebook Api dengan forum. Tapi kalau Anda belum punya Facebook Api Configuration, maka dikosongkan juga tidak ada masalahnya.

Istimewanya lagi, Anda bisa mengaktifkan tombol login dan registrasi dengan Facebook. Dengan begitu, mereka yang berkenan bergabung dengan forum bisa mendaftar menggunakan Facebooknya mereka.

Bahkan, Anda boleh memodifikasi tampilan tombol berbagi secara gratis.

15. Pengaturan Addons.

Kalau fitur yang satu ini termasuk fitur premium. Artinya, Anda bisa menggunakannya jika sudah berlangganan.

Tapi menurut saya pribadi, fitur yang gratis saja sudah lebih dari cukup.

Terimakasih, dan saya akhiri sampai sini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.